P-47 Thunderbolt
USAAF P-47D "Razorback" configuration | |
Role | Fighter, Fighter-bomber |
---|---|
Manufacturer | Republic Aviation |
Designed by | Alexander de Seversky Alexander Kartveli |
First flight | 6 May 1941 |
Introduction | 1942 |
Retired | 1955, U.S. Air National Guard |
Primary user | United States Army Air Force |
Number built | 15,686 |
Unit cost | US$85,000 in 1945[1] |
The Republic P-47 Thunderbolt, also known as the "Jug," was the largest single-engined fighter of its day, and a vast improvement over the Curtiss P-40 Warhawk, its predecessor. It was one of the main United States Army Air Forces (USAAF) fighters of World War II, and also served with other Allied air forces. The P-47 was effective in air combat but proved especially adept at ground attack. It had eight .50-caliber machine guns, four per wing. When fully loaded the P-47 could weigh up to eight tons. A modern-day counterpart in that role, the A-10 Thunderbolt II, takes its name from the P-47.
Sukhoi Su-27
Tipe | Pesawat tempur superioritas udara (Su-27 Flanker-B) |
Produsen | Sukhoi |
Pertama terbang | 20 Mei 1977 |
Diperkenalkan | Desember 1984 |
Status | aktif |
Pemakai | Rusia Aljazair, Angola, Belarusia, China, Eritrea, Ethiopia, India, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, Ukraina, Uzbekistan, Venezuela, Vietnam |
Jumlah dibuat | 680 |
Harga satuan | US$35 juta |
Varian | Su-30 Su-33 Su-34 Su-35 Su-37 J-11 |
Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Disain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.
Spesifikasi (Sukhoi Su-27)
Karakteristik umum
- Kru: Satu
- Panjang: 21,9 m (72 ft)
- Lebar sayap: 14,7 m (48 ft 3 in)
- Leading edge sweep: 42°)
- Tinggi: 5,93 m (19 ft 6 in)
- Area sayap: 62 m² (667 ft²)
- Berat kosong: 16.380 kg (36.100 lb)
- Berat terisi: 23.000 kg (50.690 lb)
- Berat maksimum lepas landas: 33.000 kg (62.400 lb)
- Mesin: 2× Lyulka AL-31F turbofan, 122,8 kN (27.600 lbf) masing-masing
Performa
- Kecepatan maksimum: 2.500 km/jam (1.550 mph Mach 2.35)
- Jarak jangkau: 1.340 km pada ketinggian air laut, 3.530 km pada ketinggian tinggi (800 mi pada ketinggian air laut, 2070 mi pada ketinggian tinggi)
- Atap servis: 18.500 m (60.700 ft)
- Tingkat panjat: 325 m/s (64.000 ft/min)
- Beban sayap: 371 kg/m² (76 lb/ft²')
- Dorongan/berat: 1,085
Persenjataan
- 1 x meriam GSh-30-1 30 mm, 150 butir peluru
- 8.000 kg (17.600 lb) pada 10 titik eksternal
- 6 R-27, 4 R-73
- Su-27SM dapat menggunakan R-77 menggantikan R-27
- Su-27IB dapat menggunakan peluru kendali anti-radiasi X-31, peluru kendali udara ke darat X-29L/T, serta bom KAB-150 dan UAB-500
- 6 R-27, 4 R-73
F-14 Tomcat
F-14 pada Perang Irak, Agustus 2004. | |
Tipe | Pesawat tempur superioritas udara |
Produsen | Grumman Aircraft Engineering Corporation |
Perancang | Bob Kress[1] |
Pertama terbang | 21 Desember 1970 |
Diperkenalkan | September 1974 |
Dipensiunkan | 20 September 2006, AL AS |
Status | Aktif di Iran |
Pemakai | Amerika Serikat Iran |
Jumlah dibuat | 712 |
Harga satuan | US$38 juta (1998) |
F-14 Tomcat adalah pesawat tempur supersonik sayap ayun, yang bermesin dan kursi ganda. F-14 merupakan pesawat tempur superioritas udara utama Angkatan Laut Amerika Serikat dari tahun 1972 sampai tahun 2006. Pesawat ini juga memiliki kemampuan serang darat setelah dilengkapi sistem LANTIRN.[2] Pesawat ini mulai dikembangkan setelah kegagalan proyek F-111B, dan merupakan pesawat tempur generasi ke-4 pertama Amerika Serikat, yang dirancang dengan didasari pengalaman bertempur dengan pesawat-pesawat MiG buatan Soviet pada Perang Vietnam.
Pesawat ini mulai dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1972, menggantikan F-4 Phantom II. Pesawat ini juga sempat diekspor ke Iran pada tahun 1976. Pada tanggal 22 September 2006, pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet.[3]
Spesifikasi (F-14D Super Tomcat)
Karakteristik umum
- Kru: 2 (Pilot and Radar Intercept Officer)
- Panjang: 61 ft 9 in (18.6 m)
- Lebar sayap:
- Spread: 64 ft (19 m)
- Swept: 38 ft swept (11.4 m)
- Tinggi: 16 ft (4.8 m)
- Area sayap: 565 ft² (54.5 m²)
- Airfoil: NACA 64A209.65 mod root, 64A208.91 mod tip
- Berat kosong: 42,000 lb (19,000 kg)
- Berat terisi: 61,000 lb (28,000 kg)
- Berat maksimum lepas landas: 72,900 lb (32,800 kg)
- Mesin: 2× General Electric F110-GE-400 afterburning turbofans
- Dorongan kering: 13,810 lbf (72 kN) masing-masing
- Dorongan dengan afterburner: 27,800 lbf (126 kN) masing-masing
Performa
- Kecepatan maksimum: Mach 2.34 (1,544 mph, 2,485 km/h) at high altitude
- Radius tempur: 500 nm (576 mi, 927 km)
- Jarak jangkau ferri: 1,600 nm (1,800 mi, 3,000 km)
- Tingkat panjat: >45,000 ft/min (230 m/s)
- Beban sayap: 113.4 lb/ft² (553.9 kg/m²)
- Dorongan/berat: 0.91
Persenjataan
13,000 lb (5,900 kg) of ordnance including:
- Guns: 1× M61 Vulcan 20 mm Gatling Gun
- Missiles: AIM-54 Phoenix, AIM-7 Sparrow and AIM-9 Sidewinder air-to-air
- Loading configurations:
- 2× AIM-9 + 6× AIM-54
- 2× AIM-9 + 2× AIM-54 + 4× AIM-7
- 2× AIM-9 + 4× AIM-54 + 2× AIM-7
- 2× AIM-9 + 6× AIM-7
- 4× AIM-9 + 4× AIM-54
- 4× AIM-9 + 4× AIM-7
- Bombs: GBU-10, GBU-12, GBU-16, GBU-24, GBU-24E Paveway I/II/III LGB, GBU-31, GBU-38 JDAM, Mk-20 Rockeye II, Mk-82, Mk-83 and Mk-84 series iron bombs
0 comments
Posting Komentar