teknology




P-47 Thunderbolt



USAAF P-47D "Razorback" configuration
Role Fighter, Fighter-bomber
Manufacturer Republic Aviation
Designed by Alexander de Seversky
Alexander Kartveli
First flight 6 May 1941
Introduction 1942
Retired 1955, U.S. Air National Guard
Primary user United States Army Air Force
Number built 15,686
Unit cost US$85,000 in 1945[1]

The Republic P-47 Thunderbolt, also known as the "Jug," was the largest single-engined fighter of its day, and a vast improvement over the Curtiss P-40 Warhawk, its predecessor. It was one of the main United States Army Air Forces (USAAF) fighters of World War II, and also served with other Allied air forces. The P-47 was effective in air combat but proved especially adept at ground attack. It had eight .50-caliber machine guns, four per wing. When fully loaded the P-47 could weigh up to eight tons. A modern-day counterpart in that role, the A-10 Thunderbolt II, takes its name from the P-47.

Sukhoi Su-27


Tipe Pesawat tempur superioritas udara (Su-27 Flanker-B)
Produsen Sukhoi
Pertama terbang 20 Mei 1977
Diperkenalkan Desember 1984
Status aktif
Pemakai Rusia
Aljazair, Angola, Belarusia, China, Eritrea, Ethiopia, India, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, Ukraina, Uzbekistan, Venezuela, Vietnam
Jumlah dibuat 680
Harga satuan US$35 juta
Varian Su-30
Su-33
Su-34
Su-35
Su-37
J-11

Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Disain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

Spesifikasi (Sukhoi Su-27)



Karakteristik umum

  • Kru: Satu
  • Panjang: 21,9 m (72 ft)
  • Lebar sayap: 14,7 m (48 ft 3 in)
  • Leading edge sweep: 42°)
  • Tinggi: 5,93 m (19 ft 6 in)
  • Area sayap: 62 m² (667 ft²)
  • Berat kosong: 16.380 kg (36.100 lb)
  • Berat terisi: 23.000 kg (50.690 lb)
  • Berat maksimum lepas landas: 33.000 kg (62.400 lb)
  • Mesin:Lyulka AL-31F turbofan, 122,8 kN (27.600 lbf) masing-masing

Performa

Persenjataan


F-14 Tomcat


F-14 pada Perang Irak, Agustus 2004.
Tipe Pesawat tempur superioritas udara
Produsen Grumman Aircraft Engineering Corporation
Perancang Bob Kress[1]
Pertama terbang 21 Desember 1970
Diperkenalkan September 1974
Dipensiunkan 20 September 2006, AL AS
Status Aktif di Iran
Pemakai Amerika Serikat
Iran
Jumlah dibuat 712
Harga satuan US$38 juta (1998)

F-14 Tomcat adalah pesawat tempur supersonik sayap ayun, yang bermesin dan kursi ganda. F-14 merupakan pesawat tempur superioritas udara utama Angkatan Laut Amerika Serikat dari tahun 1972 sampai tahun 2006. Pesawat ini juga memiliki kemampuan serang darat setelah dilengkapi sistem LANTIRN.[2] Pesawat ini mulai dikembangkan setelah kegagalan proyek F-111B, dan merupakan pesawat tempur generasi ke-4 pertama Amerika Serikat, yang dirancang dengan didasari pengalaman bertempur dengan pesawat-pesawat MiG buatan Soviet pada Perang Vietnam.

Pesawat ini mulai dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1972, menggantikan F-4 Phantom II. Pesawat ini juga sempat diekspor ke Iran pada tahun 1976. Pada tanggal 22 September 2006, pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet.[3]


Spesifikasi (F-14D Super Tomcat)



Karakteristik umum

  • Kru: 2 (Pilot and Radar Intercept Officer)
  • Panjang: 61 ft 9 in (18.6 m)
  • Lebar sayap:
  • Spread: 64 ft (19 m)
  • Swept: 38 ft swept (11.4 m)
  • Tinggi: 16 ft (4.8 m)
  • Area sayap: 565 ft² (54.5 m²)
  • Airfoil: NACA 64A209.65 mod root, 64A208.91 mod tip
  • Berat kosong: 42,000 lb (19,000 kg)
  • Berat terisi: 61,000 lb (28,000 kg)
  • Berat maksimum lepas landas: 72,900 lb (32,800 kg)
  • Mesin:General Electric F110-GE-400 afterburning turbofans
    • Dorongan kering: 13,810 lbf (72 kN) masing-masing
    • Dorongan dengan afterburner: 27,800 lbf (126 kN) masing-masing

Performa

Persenjataan

13,000 lb (5,900 kg) of ordnance including:

Avionik

0 comments

Posting Komentar

 
|  blog ndony. Blogger Template By Lawnydesignz Powered by Blogger